Skip to main content

Apa itu QUIZIZZ?

Quizizz merupakan sebuah web tool untuk membuat permainan kuis interaktif untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas anda misalnya saja untuk penilaian formatif. Penggunaannya sangat mudah, kuis interaktif yang anda buat memiliki hingga 4 pilihan jawaban termasuk jawaban yang benar. Anda juga dapat menambahkan gambar ke latar belakang pertanyaan dan menyesuaikan pengaturan pertanyaan sesuai keinginan anda. Bila kuis anda sudah jadi, anda dapat membagikannya kepada siswa anda dengan menggunakan kode 5 digit yang dihasilkan. KEGIATAN : • Masuk ke www.quizizz.com lalu Sign up • Untuk memudahkan, anda bisa memakai akun Google anda. • Pilihlah Peran anda, apakah sebagai guru, siswa, orang tua atau lainnya. • Lengkapi data anda • Isikan info Kuis anda • Lengkapi modul - modul seperti pertanyaan, pilihan jawaban, dan jawaban yang benar. • "Question preview" akan menampilkan soal yang anda buat. Tambahkan pertanyaan baru dan klik finished bila sudah selesai. • Tahap akhir, pilih Grade atau tingkatan, subjects atau mata pelajaran. Klik Finish and create Quiz • Tampilkan Kuis anda secara langsung atau untuk PR. • Setting Kuis anda, lalu klik Proceed • Minta siswa anda untuk membuka join.quizizz.com, dan bagikan code ke siswa anda. Selain itu, anda bisa membagikannya melalui Google Classroom. KELEBIHAN DAN KEKURANGAN : Kelebihan : 1. Sangat membatu bagi setiap orang yang hendak belajar bahasa inggris 2. Mencakup 4 skill bahasa inggris ( listening, reading, speaking, writing) 3. Memiliki bagan kemajuan atau hasil dari setiap soal yang telah kita kerjakan. Sehingga dapat mengukur dan mengoreksi kemampuan kita. 4. Efisiensi waktu. Kekurangan : 1. Mungkin bagi pemula akan merasa sedikit kesulitan, karena seluruh penjelasannya menggunakan bahasa inggris. 2. Langkah-langkah pengerjaannya dibatasi oleh waktu. 3. Kendala sinyal yang tidak selalu stabil. KESIMPULAN : Penggunaan aplikasi quizizz dapat memfasilitasi guru dalam membuat rencana pembelajaran yang baik dan implementatif, mempraktikkan metode pembelajaran yang lebih variatif dan menarik, memperoleh sumber belajar yang lengkap dan memanfaatkan multimedia, serta mendokumentasikan aktivitas belajar dan sumber belajar yang digunakan dengan baik. Desain materi pembelajaran yang menarik membuat siswa dapat belajar dengan lebih menyenangkan dan tidak membosankan. Bahkan belajar terasa seperti bermain dengan menggunakan berbagai permainan edukatif, video, dan berbagai sumber belajar yang disediakan oleh guru. Orang tua juga dapat memonitor kegiatan belajar putra/putrinya di sekolah melalui website maupun aplikasi yukblajar melalui telepon genggamnya. Mereka juga dapat melihat hasil karya putra/putrinya atau aktivitasnya di kelas melalui aplikasi quizizz. DAFTAR PUSTAKA : http://www.ahzaa.net/2017/08/membuat-kuis-interaktif-kelas-dengan.html https://quizizz.com/admin/quiz/58ba6c247d6b2a0121b36f20/indonesia

Comments

Popular posts from this blog

KUMPULAN MATERI LK1: WAWASAN ILMU

Wawasan Ilmu Di bawah bayang-bayang kematian Islam Oleh : Ihab Habudin ‘Tahu’ dan ‘Pengetahuan’ Manusia adalah mahluk sempurna. Dibekali akal, hati dan indera ia menjelma sebagai mahluk yang paling berpengaruh di muka bumi ini. Inovasi tiada hentinya dalam mengasah kreasi ketiga potensinya itu telah menghasilkan kebudayaan dan peradaban yang sangat kompleks sekarang ini. Misalnya saja, Darinya kita tahu dan mengenal ada Handphone Star Tech (ST 21) yang harganya Cuma Rp. 199.000.- plus kartu pedana ‘bebas’, tarif temurah, dan 600 sms gratis dengan fasilitas dual band GSM 900/1800 MHz, CFTN Nistual, Colour Background 1,5 inci, Predictive text input, polyphonic, speaker phone, jam alam, jam digital dan kalkulator kalender, baterai Li-Ion 700 MAH hingga si Nokia Connecting People (N5310) yang dengannya kita bisa memutar musik hingga 18 jam, radio FM dengan Radio Data System (RDS), Layar dengan 16 Juta warna yang tajam termasuk kamera 2 megapixel serta Mikro SD 512 MB. Atau tidak perlu rumi