Skip to main content

Proses pembentukan akhlaq :

1. Melalui keteladanan(qudwah, uswah)
Peranan orang tua dan keluarga sangat penting dalam pembentukan akhlaq, karena merekalah yang setiap hari dilihat dan ditiru oleh anak- anak mereka. Anak-anak cenderung meniru apa yang mereka lihat, oleh karena itu orang tua harus bersikap hati-hati agar tidak ditiru anak-anak.

2. Melalui ta’lim (pengajaran)
Pengajaran atau transfer ilmu disini adalah memberikan pengertian kepada anak-anak mana yang baik dan mana yang buruk. Melalui ilmu yang didapat, diharapkan anak-anak mempunyai kesadaran untuk mau melakukanya.

3. Pembiasaan(ta’wid)
Anak-anak harus dibiasakan untuk berbuat hal-hal yang baik dan sopan sejak kecil. Dimulai dengan hal-hal yang sederhana terlebih dahulu, lama-lama akan menjadi tata laku anak setiap hari.

4. Pemberian motivasi (targhib, reward, motivation)
Memberikan hadiah dapat memotivasi anak untuk berbuat baik. Anak akan tertarik jika diiming-imingi seuatu. Motivasi diberikan tentunya melalui kontrak atau kesepakatan kedua belah pihak.

5. Pemberian ancaman dan sangsi hukum (tarhib, punishment)
Anak yang nakal dan tidak sopan harus diberi sangsi agar dia tidak melakukannya berulang-ulang. Akan tetapi pemberian sangsi harus sewajarnya, jangan terlalu berat ataupun terlalu ringan.

Comments

Popular posts from this blog

KUMPULAN MATERI LK1: WAWASAN ILMU

Wawasan Ilmu Di bawah bayang-bayang kematian Islam Oleh : Ihab Habudin ‘Tahu’ dan ‘Pengetahuan’ Manusia adalah mahluk sempurna. Dibekali akal, hati dan indera ia menjelma sebagai mahluk yang paling berpengaruh di muka bumi ini. Inovasi tiada hentinya dalam mengasah kreasi ketiga potensinya itu telah menghasilkan kebudayaan dan peradaban yang sangat kompleks sekarang ini. Misalnya saja, Darinya kita tahu dan mengenal ada Handphone Star Tech (ST 21) yang harganya Cuma Rp. 199.000.- plus kartu pedana ‘bebas’, tarif temurah, dan 600 sms gratis dengan fasilitas dual band GSM 900/1800 MHz, CFTN Nistual, Colour Background 1,5 inci, Predictive text input, polyphonic, speaker phone, jam alam, jam digital dan kalkulator kalender, baterai Li-Ion 700 MAH hingga si Nokia Connecting People (N5310) yang dengannya kita bisa memutar musik hingga 18 jam, radio FM dengan Radio Data System (RDS), Layar dengan 16 Juta warna yang tajam termasuk kamera 2 megapixel serta Mikro SD 512 MB. Atau tidak perlu rumi